News Update :
Home » » Talempong Batu Talang Anau

Talempong Batu Talang Anau

Penulis : Rey Yudhistira on Senin, 30 Mei 2011 | 03.42

Talempong Batu Talang Anau  merupakan objek wisata dan purbakala yang merupakan objek wisata yang unik yang pernah ada di Indonesia, dengan keunikan ini Talempong Batu Talang Anau menjadi objek wisata yang khas di Indonesia.

Talempong Batu ini di jumpai dalam satu bangunan di halaman Balai Adat Nagari Talang Anau , banyaknya 6(enam) buah batu yang tersusun rapi berjajar diatas bantalan yang terbuat dari bambu . Pada sebuah batu talempong tersebut terdapat sebuah lukisan telapak kaki, warna batu talempong itu hitam memudar laksana logam yang akan dipukul akan menimbulkan bunyi nyaring seperti nada alat musik tradisional Minangkabau yang terbuat dari logam yaitu Talempong.

Lempengan batu yang berada di Talang Anau ini telah disusun sesuai dengan tangga nada yang dikeluarkan oleh masing-masing lempengan batu tersebut sehingga bisa dimainkan mengikuti irama lagu tradisional Minangkabau.


Berdasarkan cerita masyarakat setempat, konon batu talempong ini ditemukan pertama kali oleh seorang ulama bernama Syeikh Syamsudin. Waktu ditemukan ditaksir masyarakat sekitar abad 12 masehi, sewaktu syeikh ini bermimpi didatangi seorang berjubah putih, berjanggut panjang sampai kepusat dan memakai serban. Orang tua dalam mimpi Syeikh ini memberi tahu bahwa ada beberapa buah benda yang sekarang berserakan dalam hutan yang ditumbuhi Talang dan daun enau. Benda tersebut akan dapat memberi manfaat bagi anak cucu dan masyarakat kalau dapat dikumpulkan .


Ada sifat magic yang dimiliki oleh lempengan batu itu, yaitu sebelum dipukul atau dibunyikan maka batu ini harus diasapi dengan kemenyan putih. Apabila tidak dilakukan tatacara ini, niscaya lempengan batu ini tidak akan menimbulkan bunyi yang nyaring seperti talempong pada umumnya tetapi akan tetap berbunyi layaknya seperti batu biasa yang dipukul. 

Lebih celaka lagi apabila orang yang memukul batu tersebut melakukannya dengan rasa tidak percaya akan kegaiban dari batu tersebut serta meremehkannya, maka berdasarkan keterangan orang-orang disekitar lokasi si pemukul akan terkena kutukan berupa penyakit yang tidak akan bisa disembuhkan dan bisa merenggut nyawanya sendiri.



 Diambil dari berbagi sumber


Share this article :

+ komentar + 6 komentar

30 Mei 2011 08.36

Makasih ya....aku jd tahu sejarah talempong ini..
idiih...jd malu deh, aku yg asli dr padang aja baru tahu tentang alat ini...

31 Mei 2011 05.41

wow, ini sejenis baru ajaib yah??

1 Juni 2011 03.20

ya setidaknya seperti itu..
menurut kabar apabila bambu sebagai penyagganya diganti, batunya tidk akn mengeluarkan bunyi yg indah lg..

22 Juni 2011 06.11

tempat wisata magiss,,yang bisa di kunjungi. sudah ada bukti kah mas tentang penyakit yang di timbulkan dari batu itu?

23 Juni 2011 05.01

kunjungan perdana
dan aku langsung suka dengan isinya
salam

7 Juli 2011 17.51

Batu ajaib peninggalan sejarah yang wajib kita lestarikan dan jaga keberadaanya

salam kenal

Posting Komentar

POST

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Bukan Sastrawan . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger