News Update :
Home » » Muslimat NU : Kesenjangan Guru Harus Ditangani Serius

Muslimat NU : Kesenjangan Guru Harus Ditangani Serius

Penulis : Rey Yudhistira on Selasa, 15 Juni 2010 | 09.20

 

Jakarta  - Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama meminta pemerintah menangani secara serius disparitas atau kesenjangan guru di tanah air.

"Disparitas ini bukan hanya soal jumlah, tetapi juga mutu tenaga pengajar," kata Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa di sela-sela peringatan Harlah Muslimat NU di Jakarta, Selasa.


Pendidikan merupakan salah satu bidang yang menjadi perhatian dan garapan Muslimat. Organisasi perempuan itu memiliki lembaga pendidikan dari tingkat prasekolah dasar hingga sekolah lanjutan tingkat atas.

Menurut Khofifah, kesenjangan dalam jumlah tenaga pengajar memang mencolok antara Jawa dan luar Jawa, namun kesenjangan dalam segi mutu tidak hanya antara Jawa dan luar Jawa.
"Kalau dalam hal mutu tenaga pengajar, disparitas tidak hanya terjadi antara Jawa dan luar Jawa. Di Jawa pun terdapat disparitas," katanya.

Dikatakannya, ada beberapa upaya yang bisa ditempuh untuk mengurangi kesenjangan itu, tentunya disesuaikan dengan keuangan yang dimiliki negara.

Jika keuangan memungkinkan, katanya, tentu jumlah guru bisa ditambah, apakah berstatus pegawai negeri sipil atau tenaga honorer.

Namun, jika dana terbatas, pemerintah daerah di luar Jawa bisa bekerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di daerah itu untuk mengerahkan mahasiswanya sebagai pengajar dalam format kuliah kerja nyata.

"Pemerintah tentunya harus memberikan dana taktis. Saya yakin itu bisa karena sama-sama di bawah Kemendiknas," kata mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan itu.

Sementara untuk kesenjangan mutu, kata Khofifah, pemerintah harus serius menjalankan program Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

"Sebenarnya ujian nasional belum saatnya dilakukan selama masih terdapat kesenjangan pendidikan, termasuk kesenjangan guru," katanya.

yahoo.com
Share this article :

Posting Komentar

POST

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Bukan Sastrawan . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger