News Update :
Home » » Manfaat Minum Kopi menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat Minum Kopi menurunkan Risiko Diabetes

Penulis : Rey Yudhistira on Kamis, 12 Agustus 2010 | 06.56

Jangan remehkan secangkir kopi. Menurut sebuah penelitian yang dihajat American Journal of Clinical Nutrition, kopi dapat menurunkan risiko diabetes. Kandungan zat dalam kopi, menurut mereka, dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah, dan karenanya, diabetes pun enyah.

Studi yang mereka lakukan melibatkan ratusan pasien baik yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarganya maupun tidak. Peserta studi yang minum lima cangkir kopi sehari memiliki peradangan internal yang lebih sedikit - faktor risiko untuk diabetes tipe 2 - daripada mereka yang tidak minum kopi.

Menurut laporan dalam jurnal itu, kopi dapat meningkatkan konsentrasi adiponektin, protein dalam tubuh yang membantu mengatur glukosa. Para peneliti berspekulasi bahwa minum kurang dari lima cangkir sehari mungkin juga bermanfaat, walaupun diperlukan lebih banyak studi lain untuk mendukung temuan ini. "Setidaknya, ini adalah temuan awal yang membawa petunjuk tentang manfaat kopi bagi pencegahan diabetes," demikian penutup laporan itu.

Dua puluh studi sebelumnya yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

Ini bukan penelitian pertama tentang manfaat kopi. Penelitian sebelumnya menunjukkan, kopi juga bermanfaat bagi pencegahan pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung, serta menghambat penurunan daya kognitif otak.

Riset secara konsisten juga menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati dan kanker payudara. Kopi juga melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.

Kopi juga ditengarai mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83 ribu wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.

Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Prancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein


reyyudhistira.blogspot.com
Share this article :

Posting Komentar

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Bukan Sastrawan . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger