News Update :
Home » » Perjalanan Once Jadi Vokalis 'Dewa 19'

Perjalanan Once Jadi Vokalis 'Dewa 19'

Penulis : Rey Yudhistira on Kamis, 02 September 2010 | 00.14

Grup band Dewa 19 dikabarkan akan ditinggalkan oleh vokalisnya, Once. Pria ini disebut-sebut mengundurkan diri dari band yang digawangi Ahmad Dhani tersebut. Dhani belum mau bicara banyak soal isu hengkangnya Once di grup bandnya itu.


Konon, pria bernama Elfonda Mekel itu ingin cabut dari Dewa 19 karena sudah jenuh karena grup band asal Surabaya itu jarang tampil di panggung musik tanah air.
Namun, saat dikonfirmasi soal kabar itu, Dhani mengaku belum tahu menahu soal isu yang mengatakan Once akan hengkang dari Dewa 19. Pemilik manajemen artis, Republik Cinta ini mengatakan dirinya belum berencana untuk mengumumkan hal apapun.


Sementara itu, untuk karir Once di Dewa 19 sendiri dimulai saat pria berdarah Manado ini menggantikan posisi Ari Lasso yang dikeluarkan dari Dewa 19. Awal mula, Once ditarik Dhani menjadi vokalis Dewa berasal dari perkenalannya dengan pria yang masih berstatus sebagai suami Maia Estianty ini.


Once mengenal Dhani pada tahun 1997. Lalu, dia langsung direkrut Dhani untuk menjadi vokalis utama di grup band yang populer lewat lagu 'Kangen' ini. Karena pada saat itu, Dewa 19 tak memiliki drummer, maka pria berambut gondrong ini mengajak serta temannya, Tyo Nugros untuk bergabung di Dewa 19 menjadi drumer.


Setelah kehadiran Once dan Tyo Nugros, Dewa 19 mulai kembali mempersiapkan album baru dengan formasi baru mereka. Sejak Once bergabung angka 19 dihilangkan. Mereka hanya menggunakan nama Dewa saja untuk grup band tersebut.


Pada tahun 2000, Dewa meluncurkan album bertajuk 'Bintang Lima'. Album ini mengandalkan lagu 'Roman Picisan' dan juga 'Risalah Hati'. Album ini menjadi album tersukses sepanjang karir musik Dewa di kancah permusikan tanah air.


Prestasi demi prestasi diraih Dewa lewat albumnya tersebut. Mereka menyabet 3 penghargaan dalam ajang AMI Awards 2000. Mereka juga langsung menggencarkan promosi untuk album tersebut, Dewa tur ke 36 kota. Album ini terjual lebih dari 1,7 juta keping. Dengan mencatat angka yang fantastis dalam penjualan, album itu masuk dalam album terlaris di Indonesia.


Kesuksesan itu membuat Dewa yang kini sudah memiliki vokalis baru semakin terpacu untuk terus membuat album. Tahun 2002, Dewa kembali bikin album baru. Akbum baru yang bertajuk 'Cintailah Cinta' itu semakin terasa istimewa dengan kembalinya personel Dewa yang lama yakni Erwin Prasetya. Lagi-lagi, album ini terjual lebih dari 1 juta keping. Di tahun ini juga, grup musik tersebut diganjar pemghargaan di ajang musik AMI Awards dengan tiga penghargaan.


Nama grup band ini terus berkibar. Kehadiran Once ternyata menjadi nafas baru bagi band yang sempat mengalami valkum saat ditinggal Ari Lasso ini. Tahun 2003, Dewa menggelar konser dengan nama 'Atas Nama Cinta'. Konser ini digelar di 25 kota di Indonesia.


Kali ini, Dewa mengajak serta Ari Lasso. Pada saat itu, Ari Lasso sudah memutuskan untuk bersolo karir.


Pada tahun 2004 nama Dewa diganti. Mereka kembali menggunakan nama lama yakni Dewa 19. Grup band ini tak hanya berkibar di tanah air saja.
Sepanjang tahun 2003 sampai dengan 2005 mereka mendapatkan undangan dari beberapa negara seperti Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat. Mereka juga pernah menggelar konser di Dili yang waktu itu sudah terpisah dari Indonesia. Dewa terus bergerak dengan mengadakan konser di luar negeri seperti Autralia dan juga Singapura.

Dewa bahkan sempat menandatangani kontrak untuk mencoba go internasional. Pada tahun 2006, Dewa meluncurkan album 2006. Album ini dibuat dalam dua versi yakni versi Indonesia dan juga untuk internasional.

Di tengah kesuksesannya itu, para personel Dewa mulai sibuk dengan proyek masing-masing. Dhani memiliki manajemen artis dan juga membuat band baru seperti Triad dan juga The Rock. Andra, sang gitaris memiliki band yang diberi nama Andra & The Backbone.

Sementara itu, Once sering tampil bersolo karir. Dan Yuke Sampurna membuat band dengan nama Number One dan The Chemistry. Dhani tak melarang para personel Dewa 19 memiliki kesibukan sendiri.

Tetapi, justru kesibukan itu membuat band ini menjadi jarang tampil di panggung musik dan tergilas kehadiran band-band baru yang semakin marak. Mereka seperti mati suri. Bahkan, Dhani malah lebih sering tampil dengan grup band Triad.

Lantas, benarkah Once akan meninggalkan band yang telah membesarkan namanya itu? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

source : viva news

Share this article :

Posting Komentar

POST

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Bukan Sastrawan . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger